Jumat, 29 Juni 2012

Jaringan Peer to Peer pada Windows XP

A.   Pengertian Jaringan Peer to Peer

Jaringan Peer to Peer (P2P) merupakan sebuah hubungan kesetaraan antara satu komputer dengan komputer lain tanpa ada satu komputer yang berstatus sebagai client ataupun sebagai server. Jaringan Peer to Peer memungkinkan semua komputer dalam sebuah jaringan bertindak/ berstatus sebagai server. Semua komputer tersebut memiliki kemampuan untuk mendistribusikan sekaligus menerima berkas-berkas atau sumber daya (resource) yang ada dalam komputer mereka, ke komputer lainnya. Jaringan Peer to Peer banyak dipakai di kantor yang tidak membutuhkan sebuah sentral pengaturan seperti pada jaringan Client-Server.
Tujuan utama dari jaringan Peer to Peer adalah agar semua memanfaatkan sumber daya (resource) komputer, media penyimpanan, dan kemampuan komputasi. Yang ada di dalam jaringan tersebut.


B.    Instalasi Kartu Jaringan (LAN Card)

Langkah untuk melakukan instalasi kartu jaringan (LAN Card) adalah :
1.     Klik Start, setting, Control Panel, dobel klik System. Pilih tabulasi Hardware dan klik Device Manager.
Apabila terdapat tanda seru pada ikon kartu jaringan di jendela Device Manager, berarti ada kesalahan pada kartu jaringan tersebut. Mungkin disebabkan karena driver kartu jaringan tidak sesuai. Lakukan update driver kartu jaringan dengan klik kanan dan pilih properties sehingga akan ditampilkan kotak dialog properties.
2.       Pilih tab Driver, klik Update Driver
3.       Terdapat dua pilihan wizard untuk melakukan Update Driver yaitu :
·    Install the software automatically (Recomended)
Pilihan untuk instalasi software secara otomatis
·    Install from a list or spesific location (Advanced)
Pilihan untuk melakukan instalasi dari daftar driver atau dari lokasi tertentu
4.       Tentukan lokasi driver kartu jaringan berada. Apabila pilihan Search removable media
(floppy, CD ROM...) terpilih, maka pencarian driver akan dilakukan pada media penyimpanan seperti floppy, CD-ROM, atau media penyimpanan yang lain. Sedangkan apabila pilihan Include this location in the search terpilih, maka tentukan lokasi tempat driver berada. Tentukan pilihan lokasi driver dan klik Next.
5.   Proses pencarian driver akan dilakukan, setelah proses selesai tekan tombol Finish untuk mengakhiri.
6. Setelah instalasi driver selesai, lihat hasil instalasi pada jendela Device Manager. Pastikan ikon kartu jaringan yang terpasang tidak terdapat tanda seru, yang artinya driver sudah sesuai dengan kartu jaringan yang terpasang.


C.    Konfigurasi Nama Komputer dan Workgroup

Dalam sebuah jaringan, nama komputer harus berbeda antara komputer satu dengan komputer lainnya. Sedangkan workgroup dibuat sama sesuai dengan kelompok komputer yang terhubung dalam jaringan. Langkah untuk konfigurasi nama komputer dan workgroup adalah :
1.    Klik Start, Control Panel dan dobel klik System. Pilih tabulasi Computer Name dan klik Change. Pastikan dalam sebuah jaringan tidak ada nama komputer yang sama.
2.  Pada bagian Workgroup, isikan nama kelompok komputer dalam jaringan. Sebagai contoh beri nama “GROUP”.
3.       Klik OK untuk mengakhiri.


D.   Konfigurasi Alamat IP

Agar komputer dapat terhubung dengan jaringan, maka kamu harus memberikan alamat IP pada komputer yang digunakan. Langkah untuk konfigurasi alamat IP adalah :
1.  Klik Start, Control Panel dan dobel klik Network Connections. Dobel klik Local Area Connections. atau klik ikon Local Area Connections pada taskbar.
2.   Pada kotak dialog Local Area Connections Status, klik Properties sehingga akan ditampilkan kotak dialog Local Area Connections Properties. Pada Internet Protocol (TCP/IP). Kemudian klik Properties.
3.    Pilih Use the following IP address dan masukkan IP Address dari Subnet mask-nya. Sebagai contoh salah satu komputer (PC-01) menggunakan alamat IP 192.168.0.2 dengan Subnet Mask 255.255.255.0, sedangkan komputer lain (PC-02) menggunakan alamat IP 192.168.0.3 dengan Subnet Mask 255.255.255.0. setelah kamu selesai memasukkan alamat IP, klik OK.


E.    Menguji Koneksi Jaringan

Setelah melakukan konfigurasi nama komputer dan konfigurasi alamat I, kamu dapat melakukan pengujian koneksi jaringan. Langkah untuk menguji koneksi jaringan adalah :
1.     Klik Start, Run, ketik cmd dan tekan Enter sehingga akan ditampilkan jendela Command Prompt. Pada jendela Command Prompt (DOS Prompt), ketik ping <nama komputer/IP Address>. Sebagai contoh, dari PC-01 akan menguji koneksi terhadap PC-02, maka pada Command Prompt-nya adalah : ketik ping PC-02 atau ping 192.168.0.3 kemudian tekan Enter.
2.   Jika pesan yang ditampilkan Reply from 192.168.0.3, maka antara PC-01 dengan PC-02 telah terhubung. Tetapi jika pesan yang ditampilkan Request Timed Out. Maka antara PC-01 dengan PC-02 belum terhubung. Apabila dalam pengujian koneksi belum terhubung, maka cek kembali kartu jaringan, kabel dan konektor yang terpasang, serta alamat IP.


F.    Sharing Folder

Setelah antara komputer satu dengan komputer lain terhubung, kamu dapat melakukan sharing folder agar folder yang berada pada satu komputer dapat diakses oleh komputer lain. Langkah untuk melakukan sharing folder adalah :
1.   Pada Windows Explorer, pilih folder yang ingin di sharing. Sebagai contoh folder yang di sharing adalah folder Musik.
2.       Klik kanan pada folder Musik, pilih Sharing and Security.
3.     Pada kotak dialog Musik Properties, beri tanda cek pada Share this folder on the network. Pada bagian share name akan terlihat nama folder yang di sharing, dan kamu juga dapat menggantinya dengan nama lain. Aktifkan tanda cek pada bagian Allow network users to change my file jika menginginkan pengguna lain dapat melakukan perubahan data pada folder yang kamu sharing.
Tetapi jika kamu menginginkan folder yang dilarang hanya dapat dibaca saja (Read Only). Bagian Allow network users to change my file tidak perlu diaktifkan. Klik OK untuk mengakhiri proses sharing folder.


G.   Sharing Printer

Selain sharing folder. Kamu juga dapat melakukan sharing printer agar komputer  lain dapat mencetak pada printer yang terpasang di komputer kamu. Langkah untuk melakukan sharing printer adalah :
1.   Klik Start, Printer and Faxes sehingga akan ditampilkan jendela Printer and Faxes dan menampilkan jenis printer yang telah terinstal pada komputer kamu. Jika printer yang terpasang belum terinstal pada komputer, lakukan instalasi komputer terlebih dahulu.
2.       Klik kanan pada printer, pilih Sharing and Security.
3.       Pada kotak dialog Printer Properties, beri tanda cek pada Share this printer. Pada bagian Share name akan terlihat nama printer yang di-sharing, dan kamu juga dapat menggantinya dengan nama lain. Klik Ok untuk mengakhiri proses sharing printer.


H.   Mengakses Folder Komputer Lain

Untuk mengakses folder yang berada pada komputer lain, langkah yang dapat kamu lakukan adalah :
1.    Pada komputer yang kamu gunakan, buka Windows Eksplorer. Pilih My Network Places dan pilih Explore.
2.    Selanjutnya, pilih Entire Network, Microsoft Windows Network, Workgroup. Sebagai contoh, workgroup yang digunakan adalah “GROUP” yang menampung beberapa komputer yang terhubung dengan jaringan.
3.       Pilih komputeryang akan kamu akses foldernya, misalkan kamu berada pada PC-01 dan ingin mengakses folder yang berada pada PC-02, maka dobel klik pada PC-02. Selanjutnya, akan ditampilkan pengisian User name dan Password. Masukkan User name dan Password yang ada pada PC-02.
4.       Kemudian akan tampil folder yang berada pada Komputer-a. Sebagai contoh folder yang dapat kamu akses adalah folder Musik.
5.       Selain dengan cara diatas, kamu juga dapat mengakses folder komputer lain dengan klik menu Tools, Map Network Drive. Pada bagian Folder, ketikkan \\Nama Komputer atau IP Addres\Nama Sharing. Contoh ketik \\Komputer _a\Musik, dimana Komputer_a merupakan nama komputer dan Musik merupakan folder sharing. Klik Finish untuk mengakhiri.


I.      Mencetak ke Printer Komputer Lain

Untuk mencetak ke printer yang berada pada komputer lain, langkah yang dapat kamu lakukan adalah :
1.   Pada komputer yang kamu gunakan, klik Start, Printers and Faxes. Pada jendela Printers and Faxes, klik add printer.
2.       Pada bagian Welcome to the add Printer Wizard, klik Next.
3.     Pada bagian Local or Network Wizard ditampilkan pilihan tipe instalasi printer. Pilih A network printer, or a printer attached to another computer, klik Next.
4.   Pada bagian Specify a Printer, pilih Connect to this printer, ketik \\Nama Komputer atau IP Address\Nama Printer atau Nama Sharing. Sebagai contoh ketik \\Komputer_a\HP Deskjet 3900 Series. dimana Komputer_a merupakan lokasi printer berada dan HP Deskjet 3900 Series merupakan jenis printer yang di sharing.
5.     Pada bagian Default Printer apabila printer jaringan dijadikan sebagai printer utama, maka pilih Yes dan klik Next untuk melanjutkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar