Kamis, 27 September 2012

Pengertian IP Public, IP Private, IP Dynamic dan IP Static

IP Public adalah IP yang bisa diakses langsung oleh internet. Jika dianalogikan, IP Public itu telepon rumah atau nomer HP yang bisa ditelepon langsung oleh semua orang. Alamat-alamat ini ditetapkan oleh InterNIC dan terdiri dari beberapa buah network identifier yang dijamin unik (tidak ada dua host yang menggunakan alamat yang sama) jika jaringan tersebut telah terhubung ke Internet.

IP Private adalah IP yang biasanya digunakan dalam jaringan yang tidak terhubung ke internet atau bisa juga terhubung ke internet tapi melalui NAT. Analoginya IP private itu telepon lokal dalam kantor/hotel yang bisa buat telepon-teleponan gratis dalam satu gedung. Nah kalo ada orang yang mau telepon harus lewat operator dolo (NAT) karena nomer telepon publicnya cuma satu (hunting).

IP Dynamic itu berarti alokasi IPnya bisa berubah-ubah. Biasa menggunakan DHCP server. Di setting komputer kamu biasa pake setting automatic. Untuk beberapa ISP sering menggunakan metode ini jadi IP yang kita dapat sering berubah-ubah

Sedangkan IP Static ya sesuai namanya, dia tetap. Di komputer biasa di set manual. atau jika dari ISP maka IP seperti nomor telp rumah yang tetap tapi saya kurang tahu seberapa banyak ISP yang menggunakan metode seperti ini karena kebanyakan menggunakan IP Dynamic. (*)

13 komentar:

  1. apakah ada perbedaan kecepatan antara ip public dengan ip private ? mohon penjelasan nya. terima kasih

    BalasHapus
  2. terima kasih infonya.. dari XI TKJ 2

    BalasHapus
  3. Daftar di sini ntar ane bantu guide. Ane cari yang serius maen ntar ane kasih tips buat modal agan semua yang daftar dri link ane

    http://www.marketglory.com/strategygame/lizamp

    Tinggal copas aja untuk daftar link nya

    BalasHapus
  4. thanks infonya
    visit :prsj25.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat, makasih ya

    BalasHapus
  6. kurang lengkap tuh gak ada contohnya

    BalasHapus
  7. Penjelasan yang cukup singkat, padat dan jelas tentang IP Public, IP Private, IP Dynamic dan IP Static, sangat bermanfaat dan membantu saya dalam memahami pengertian tentang IP Public, IP Private, IP Dynamic dan IP Static. Terimakasih.

    Izin share blog ya.
    Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
    www.ahmadsi2b.blogspot.com

    dann kunjungi pula
    www.atmaluhur.ac.id

    Terimakasih.

    BalasHapus